Rabu, 11 November 2009

PERGAULAN REMAJA YANG SEHAT



pergaulan sehat remaja itu ada beberapa cara. Diantaranya adalah :
1.) Adanya kesadaran beragama bagi remaja
Bagi anak remaja sangat diperlukan adanya pemahaman, pendalaman, serta ketaatan terhadap ajaran-ajaran agama. Dalam kenyataan sehari-hari menunjukkan, bahwa anak-anak remaja yang melakukan kejahatan sebagian besar kurang memahami norma-norma agama. Oleh karena itu, kita harus memiliki kesadaran beragama agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang tidak sehat.
2.) Memiliki rasa setia kawan
Agar dapat terjalin hubungan sosial remaja yang baik, peranan rasa setia kawan sangat dibutuhkan. Sebab kesadaran inilah yang dapat membuat kehidupan remaja masyarakat menjadi tentram.
3.) Memilih teman
Maksud dari memilih teman adalah untuk mengantisipasi agar kita tidak terpengaruh dengan sifat yang tidak baik/sehat. Walaupun begitu, tapi teman yang pegaulannya buruk tidak harus kita asingkan. Melainkan kita tetap berteman dengannya tapi harus menjaga jarak. Jangan terlalu dekat dengan dia.
4.) Mengisi waktu dengan kegiatan yang positif
Bagi mereka yang mengisi waktu senggangnya dengan bacaan yang buruk (misalnya novel/komik seks), maka hal itu akan berbahaya, dan dapat menghalang mereka untuk berbuat baik. Maka dari itu, jika ada waktu senggang kita harus mengisinya dengan hal-hal yang positif. Misalnya menulis cerpen, menggambar, atau lainnya.
5.) Antara laki-laki dan perempuan memiliki batasan-batasan tertentu
Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya remaja harus menjaga jarak dengan lawan jenisnya. Misalnya, jangan duduk terlalu berdekatan karena dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.
6.) Menstabilkan emosi
Jika memiliki masalah, kita tidak boleh emosi. Harus sabar dengan cara menenangkan diri. Harus menyelesaikan masalah dengan komunikasi, bukan amarah/emosi.

6 komentar:

dytea mengatakan...

Saya sebagai seorang remaja sangat setuju mengenai blog ini, selain menambah wawasan juga membuka jalan pikiran saya terhadap kehidupan,,,
teriris hati saya melihat aksi" anak SMP yang meraja lela.....

Unknown mengatakan...

saya ucapkan terima kasih karena sudah klik blog saya.... tulisan yang saya buat di atas atas bantuan dan saran anak saya yang duduk di SMP.....Semoga remaja sekarang memahami arti hidup ini, agar tidak menyia-nyiakan masa remajanya dengan perbuatan yang tidak ada gunanya......

Anonim mengatakan...

bu ini bagus jga untuk remaja jaman skrang untuk mncari teman yang baik trima kasih bu tentang pergaulan remaja yg sehat semoga anak remaja skrang tidak salah memilih teman ....

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah bagus untuk bisa dibaca anak anak dan direnungkan

echa_hera mengatakan...

bagus sekali bu postingnya.. ijin copast ya bu. makasih sebelumnya :)

Unknown mengatakan...

Semoga bermanfaat ya....