Google+ Followers

Kamis, 05 November 2009

CARA BELAJAR YANG EFEKTIF


A.Faktor-Faktor yang mempengaruhi belajar
1. Faktor yang berasal dari dalam diri siswa (internal) adalah :
a. Kecerdasan
Kecerdasan merupakan salah satu aspek yg sangat penting dan sangat menentukan berhasil tidaknya belajar seorang. Kalau seorang siswa mempunyai tingkat kecerdasan normal atau di atas normal, maka secara potensial ia dapat mencapai prestasi yang tinggi. Sebaliknya jika siswa memiliki kecerdasan di bawah normal, maka sangatlah sukar baginya untuk bersaing mencapai prestasi tinggi seperti siswa yang memilki kecerdasan normal.
Jika tingkat kecerdasannya normal atau di atas normal tetapi kenyataannya prestasi belajarnya rendah, bahkan ada yang gagal, hal ini tentu di sebabkan oleh hal-hal lain misalnya : sering sakit, sering tidak masuk, malas, malas mengerjakan tugas di rumah dsb.
b. Bakat
Bakat adalah potensi atau kemampuan yang tidak dikembangkan melalui belajar akan menjadi suatu kecakapan yg nyata. Setiap siswa mempunyai bakat yg berbeda-beda. Ada siswa yang berbakat dalam mata pelajaran ilmu pasti dan ada ilmu sosial.
Jika siswa mempunyai bakat mata pelajaran kimia, maka ia mudah mempelajarinya sehingga dapat berprestasi tinggi. sebaliknya jika tidak punya bakat maka prestasinya kurang memuaskan.
c. Minat dan Perhatian
Miat dan perhatian dalam belajar mempunyai hubungan yang sangat erat. seseorang yang menaruh minat terhadfap mata pelajaran tertentu. biasanya akan cendrung memperhatikan mata pelajaran tersebut. Sebaliknya jika seseorang terus memperhatikan mata pelajaran tertentu, maka kelamaan akan timbul minat terhadap mata pelajaran tersebut.
d. Motivasi
Motivasi merupakan suatu dorongan dari dalam diri seseorang yang mendasari dan mempengaruhi setiap usaha dan kegiatan seseorang untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Dalam belajar diperlukan motivasi belajar yang kuat agar memperbesar usaha untuk mencapai prestasi belajar yg tinggi. Bila motivasi berkurang, berkurang pula usaha dandan kegiatan serta kemungkinan untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi.
e. Kesehatan jasmani
Keadaan tubuh yang sehat merupakan kondisi yang memungkinkan seseorang dapat belajar efektif.
f. Cara belajar
Cara belajar yang efesien :
1) Berkonsentrasi sebelum dan pada saat belajar
2) Segera mempelajari kembali pelajaran yang telah diterima
3) Membaca dengan teliti dan betul tentang bahan yg sedang dipelajari dan
berusaha menguasai dengan sebaik-baiknya.
4) Tidak belajar dalam kondisi badan sedang lelah
5) Mencoba menyelesaikan soal-soal
6) Dan sebagainya...............
2. Faktor yang berasal dari luar diri siswa (eksternal) adalah :
a. Lingkungan
b. Orang tua
c. Saudara
d. teman

B. Cara Mengikuti Pelajaran di Kelas
1. Niat
2. Kemauan yang kuat
3. Perhatian
4. Konsentrasi
5. Apersepsi
6. Catatan
7. Bertanya