Google+ Followers

Kamis, 03 Maret 2011

KENALI GAYA BELAJAR ANDA

Tidak semua orang memproses informasi dengan cara yang sama, termasuk anak Anda. Untuk itu sangat penting mengetahui bagaimana gaya bekerja otak yang diterjemahkan ke dalam gaya belajar yang berbeda-beda pula.

"Sangat penting mengetahui bagaimana gaya belajar anak-anak karena gaya belajar sangat memengaruhi perkembangannya kelak," kata Direktur Talent Spectrum, DIC Fingerprint Analysis, Adrian Benny Hidayat dalam seminar 'Gaya Belajar Anak Melalui Sidik Jari' di Auditorium Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Jakarta, Sabtu, 6 Maret 2010.

Model gaya belajar ada tiga. Pertama yaitu visual, yang lebih cenderung belajar dengan menggunakan indera pengllihatan. Mereka lebih mudah menyerap informasi secara visual baik data teks seperti tulisan, huruf, dan data gambar seperti foto atau diagram.

Selain itu ada auditory yang menggunakan indera pendengaran. Anak-anak lebih cepat menyerap data berupa bahasa atau nada. Terakhir, model belajar kinestetik. Mereka lebih cenderung belajar dengan gerakan dan sentuhan.

Setiap gaya belajar ini tentu menuntut penanganan berbeda agar mendapat hasil yang optimal. Berikut cara mengenali tipe belajar buah hati Anda:

Ciri-ciri gaya belajar tipe visual:
Lebih mudah mengingat dengan melihat
Lebih suka membaca
Lebih mudah menangkap pelajaran lewat materi bergambar
Memiliki kepekaan kuat terhadap warna
Tertarik pada seni lukis, pahat, dan gambar, daripada musik
Mudah menghafal tempat dan lokasi

Ciri-ciri gaya belajar auditory:
Mudah ingat dari apa yang didengar atau dibicarakan dengan teman-teman atau lingkungannya
Senang dibacakan atau mendengar cerita dibanding membaca cerita sendiri
Suka menuliskan kembali sesuatu
Senang membaca dengan suara keras
Pandai bercerita
Bisa mengulangi apa yang didengarnya, baik nada atau irama
Lebih suka humor lisan dibandingkan humor tulisan
Senang diskusi, bicara, bertanya, atau menjelaskan sesuatu dengan panjang
Mudah mempelajari bahasa asing

Ciri-ciri gaya belajar kinestetik:
Gemar menyentuh segala sesuatu yang dijumpainya
Suka mengerjakan sesuatu yang memungkinkan tangannya sangat aktif
Suka menggunakan objek nyata sebagai alat bantu belajar
Banyak melakukan gerakan fisik
Ketika membaca, ia menunjuk kata-kata dalam bacaan dengan jari tangannya
Lebih suka mendemonstrasikan sesuatu dengan peragaan atau gerakan daripada menjelaskan

Untuk mengetahui gaya belajar anda, anda isi angket dibawah ini teruma buat siswa SMA MJ untuk semua kelas !! setelah anda dapatkan hasilnya, optimalkanlah hasil belajar anda maka stategi belajar anda tergantung dari gaya belajarnya. Meskipun anda memiliki gaya belajar yang dominan, tetapi cara lain perlu dilatih untuk mendukung cara belajar dg interaksi dg orang lain.
Nama :
Kelas :

ANGKET GAYA BELAJAR SISWA

MODALITAS BELAJAR ( Visual, Kinestetik, Auditori)
1. Ketika merangkai suatu barang, kamu lebih suka:
a. Mengikuti ilustrasi cara merangkainya.(V)
b. Mendengarkan orang membacakan instruksinya untukmu. (A)
c. Langsung mengerjakannya tanpa mengikuti instruksi. (K)

2. Jika akan menghadapi ulangan, kamu mudah hafal jika:
a. Menghafal materi ulangan sambil mengucapkannya keras-keras. (A)
b. Berjalan bolak-balik sambil menghafal. (K)
c. Membolak-balik buku membaca materi ulangan. (V)

3. Saat membaca suatu buku, yang sering kamu lakukan adalah:
a. Menelusuri tiap-tiap kata dengan jari telunjukmu. (K)
b. Membacanya dengan tenang, cepat dan tekun. (V)
c. Membaca sambil menggerakkan bibir dan mengucapkannya. (A)

4. Saat berbicara, kamu:
a. Berbicara dengan cepat (V)
b. Berbicara dengan kecepatan sedang (A)
c. Berbicara dengan kecepatan lambat (K)

5. Di waktu luang, kamu biasanya:
a. Mendengarkan radio, mengobrol (A)
b. Berjalan-jalan, olah raga, hiking (K)
c. Menonton televisi, membaca, mengisi TTS (V)

6. Kalau kamu marah, biasanya paling terlihat dari:
a. Ekspresi wajah. (V)
b. Intonasi suara.(A)
c. Gerak tubuh.(K)

7. Biasanya pada saat kamu tidak ada kegiatan:
a. Gelisah tak bisa duduk tenang. (K)
b. Bebicara dengan diri sendiri. (A)
c. Melamun, menatap ke angkasa. (V)

8. Pilih kegiatan yang kamu merasa nyaman melakukannya:
a. Menulis -V
b. Menari -K
c. Berolahraga -K
d. Menggambar -V
e. Membuat kerajinan tangan -K
f. Berdebat -A
g. Bercerita -A
h. Mendesain -V
i. Bermain Musik -A

9. Kata-kata khas kamu saat berbicara:
a. "Lihat baik-baik…" V
b. "Dengarkan baik-baik…" A
c. "Rasakan baik-baik…" K

10. Mana yang paling sering terjadi saat di sekolah:
a. Saat guru menerangkan, tangan kamu tidak bisa diam, memain-mainkan ballpoint. -K
b. Kamu mendengarkan saja waktu guru menerangkan. -A
c. Kamu memperhatikan wajah guru saat beliau berbicara/menerangkan. -V

11. Kamu lebih gampang mengingat sesuatu kalau kamu menuliskannya. -V
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

12. Waktu guru menerangkan pelajaran di depan kelas, susah sekali bwt kamu utk mengerti.-V
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

13. Bagian kosong buku catatan suka kamu gambari atau tulisi saat guru menerangkan. V
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

14. Kamu tidak bisa belajar kalau ada keributan atau musik terdengar olehmu. V
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

15. Di tempat sepi biasanya kamu bisa konsentrasi dengan baik. V
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1
16. Kamu lebih senang jika sesuatu berwarna. V
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1
17. Kamu seringkali 'telat' kalau ada yang melontarkan 'joke'. -V
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2\
c. Jarang sekali 1

18. Sewaktu ulangan, kamu membayangkan buku catatan kamu dalam pikiran. -V
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

19. Saat guru menerangkan, kamu merasa lebih bisa berkonsentrasi kalau menatap
wajahnya.V
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

20. Kamu menuliskan instruksi yang kamu dapat, tidak hanya mendengarnya saja. V
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

21. Catatan-catatan kamu berantakan sekali, tidak teratur. A
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

22. Mata kamu gampang capek walau kamu tidak pakai kacamata. A
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

23. Kamu tidak begitu mahir mengartikan bahasa tubuh seseorang. A
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

24. Kamu seringkali salah membaca suatu kata. A
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

25. Lebih baik kamu disuruh mendengarkan guru menerangkan daripada disuruh membaca buku sendiri. A
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1
26. Kamu sangat mudah mengingat sesuatu yang dikatakan oleh orang. A
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

27. Kamu paling tidak suka jika mendapat tugas menulis essay atau laporan, lebih baik ditanya secara lisan. A
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

28. Kamu kesulitan membaca tulisan yang kecil-kecil, walau mata kamu sehat. A
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

29. Instruksi/petunjuk tertulis membuat kamu bingung. A
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

30. Membaca membuat tangan kamu pegal karena harus menunjuk tiap kata yang sedang dibaca, kalau tidak, melantur kemana-mana. -A
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

31. Teman-teman kamu tidak mengerti kalau kamu memberi instruksi. K
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

32. Waktu yang kamu butuhkan untuk mengerjakan tugas cukup lama, karena kamu harus berjalan ke sana kemari, beristirahat sebentar, atau mengerjakan hal lain, untuk mendapatkan ide lebih lanjut. K
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

33. Duduk terlalu lama menyiksa kamu. K
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

34. Daripada memikirkannya matang-matang, kamu memilih 'trial-error' kalau menghadapi suatu masalah. K
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

35. Biasanya kamu langsung mengerjakan sesuatu tanpa harus melihat instruksinya terlebih dahulu. K
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

36. Kamu senang berolah raga dan cukup mahir pada beberapa cabang olah raga. K
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

37. Teman kamu bilang "Repot sekali melihat kamu menerangkan sesuatu, tangan kamu tidak bisa diam. Pasti ikut menerangkan juga". K
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

38. Kamu melihat sesuatu yang sudah jadi, kemudian kamu suka membuatnya sendiri. K
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

39. Kamu senang membaca buku pelajaran sambil naik sepeda statis/olahraga ditempat lainnya. K a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

40. Agar kamu dapat mengerti pelajaran, kamu suka menulis ulang atau mengetik catatan pelajaran kamu. K
a. Hampir selalu 3
b. Kadang-kadang 2
c. Jarang sekali 1

41. B/S Kamu lebih baik disuruh menggambarkan peta daripada menerangkan arah jalan kepada seseorang . (V)

42. B/S Kamu dapat/pernah memainkan suatu alat musik. (A)

43. B/S Kamu dapat menghubungkan musik dengan perasaanmu. A

44. B/S Kamu bisa menjumlah atau mengalikan dengan cepat diluar kepala. V

45. B/S Kamu senang bekerja dengan komputer atau kalkulator. V

46. B/S Belajar langkah baru dalam suatu tarian/gerakan dansa, mudah buat kamu. K

47. B/S Mudah bagi kamu untuk mengungkapkan pendapat kamu dalam suatu debat. A

48. B/S Kamu senang mengikuti ceramah atau seminar. A

49. B/S Dimanapun kamu berada, kamu tahu arah mata angin. V

50. B/S Hidupmu rasanya hampa tanpa musik. A

51. B/S Kamu selalu mengerti instruksi-instruksi dalam buku manual suatu barang. V

52. B/S Puzzle dan Games sangat kamu sukai. V

53. B/S Mudah bagi kamu untuk belajar mengendarai motor/mobil. K

54. B/S Kamu merasa terpancing saat mendengar ada orang yang berbicara tapi pembicaraannya terdengar tidak logis. A

55. B/S Koordinasi tubuh dan keseimbangan kamu cukup baik. K

56. B/S Kamu merasa lebih cepat dari orang lain saat melihat pola atau hubungan antara suatu angka. V

57. B/S Kamu menyukai kegiatan membuat model atau membuat patung. K

58. B/S Mudah bagi kamu untuk menangkap inti suatu pembicaraan/kalimat. A

59. B/S Kamu dapat dengan mudah membayangkan suatu objek dalam berbagai posisi. V

60. B/S Seringkali kamu menjadikan suatu lagu sebagai "soundtrack" suatu kejadian dalam hidup kamu. A

61. B/S Kamu suka bekerja dengan angka-angka dan bentuk. V

62. B/S Menyenangkan buat kamu untuk memperhatikan bentuk-bentuk gedung/rumah. V

63. B/S Diwaktu kamu sendiri atau di kamar mandi, kamu senang bersenandung atau bersiul. A

64. B/S Kamu cukup baik di salah satu cabang olahraga. K

65. B/S Kamu berminat untuk belajar struktur bahasa. A

66. B/S Biasanya kamu cukup sadar terhadap ekspresi wajah kamu. K

67. B/S Kamu cukup peka terhadap perubahan ekspresi tubuh orang lain. K

68. B/S Kamu cukup peka terhadap perasaan-perasaan kamu dan mudah untuk membedakannya. K

69. B/S Kamu cukup peka terhadap perasaan orang lain. K

70. B/S Kamu cukup peka tentang pandangan orang terhadap kamu. K

Skoring:
Untuk no 1-11, hitung jumlah K, A dan V yang kamu dapatkan. Untuk no 11-40, Hitunglah skor tiap item dengan melihat kode di depan pertanyaan itu (misal K, maka nilaimu untuk K=skor yang kau dapatkan pada item a,b atau c (1,2 atau 3)). Untuk no 41-70 sama seperti no 1-11.
Jumlahkan semua A, K dan V yang kamu dapat, lalu bandingkan. Nilai terbesar menunjukkan kecenderunganmu pada modalitas tersebut. Apabila nilaimu merata, berarti kamu telah menggunakan ketiga cara pencerap informasi secara seimbang.

Untuk Skor V yang menonjol :
Kamu adalah pelajar dengan tipe Visual :Hal ini berarti kamu cenderung belajar dengan cara melihat sesuatu. Kamu menyukai melihat gambar atau diagram,menonton pertunjukan, demonstrasi suatu kegiatan, atau menyaksikan video.
Untuk mempermudah dan mempercepat kamu untuk memahami sesuatu (pelajaran atau hal yg lain) cobalah:Mengubah pelajaran yang kamu catat ke dalam bentuk poster-poster yang mudah dilihat, dengan gambar-gambar yang menarik, grafik,dan warnai seindah mungkin.
Buatlah peta konsep pelajaran dengan: mulai dari tema besar di tengah halaman,menggunakan kata-kata penting, menggunakan simbol, warna, kata, gambar yang mencolok, dan lakukan ini dengan gayamu sendiri.Dalam mencatat pelajaran, gunakan tanda-tanda, gambar dan warna untuk menandai hal-hal penting agar dapat dengan mudah dilihat lagi jika kita mempelajarinya di lain waktu.
Untuk membantu mengingat apa yang baru kita baca dan dengar, duduklah dengan santai, dan bayangkan dalam pikiran apa yang baru dibaca/didengar, agar kita lebih paham lagi.

Untuk Skor A yang menonjol :
Kamu adalah pelajar dengan tipe Auditori:Hal ini berarti kamu cenderung belajar dengan cara mendengar sesuatu. Kamu menyukai mendengar pidato, ceramah guru menerangkan, mendengarkan radio atau kaset, berdebat atau berdiskusi.Untuk mempermudah kamu memahami sesuatu (pelajaran atau hal yg lain) cobalah:
Membaca pelajaran dengan cara baca yang dramatis, seperti pujangga membaca puisi misalnya, atau seperti scenario, bahkan cobalah menyanyikannya dengan irama iklan atau rap.Merangkum pelajaran untuk diucapkan dengan lantang, atau bahkan merekamnya dalam kaset, diselingi plesetan atau hal lain,dan memutarnya dengan walkman sepanjang perjalanan kita ke sekolah.
Saat membacakan dengan lantang, perhatikan intonasi, penekanan khusus, coba berbisik, dan coba juga sambil memejamkan mata untuk belajar membayangkan apa yang sedang dibacakan, sehingga secara tidak langsung kita telah mengaktifkan pula daya visual kita dalam belajar.
Untuk Skor K yang menonjol :
Kamu adalah pelajar dengan tipe Kinestetik:Hal ini berarti kamu cenderung belajar melalui aktivitas fisik dan melibatkan diri langsung. Kamu suka menyentuh, merasakan, membongkar sesuatu, melakukan olah tubuh.Untuk mempercepat dan mempermudahmu memahami sesuatu (pelajaran atau lainnya, cobalah:
Belajar sambil berjalan-jalan. Setiap kali membaca atau mendengarkan seseorangberbicara, bangkitlah untuk sedikit bergerak setiap 20-30 menit sekali.
Coba belajar dalam kelompok untuk membentuk suasana bermain peran (drama) dari pelajaran yang dibahas.Tulislah kembali point-point penting dari catatan pelajaran ke dalam kartu-kartu yang disusun secara logis.
Buatlah semacam percobaan, atau model dari apa yang sedang kamu pelajari. Libatkan tubuh kamu dalam belajar dengan mencoba meniru apa yang dipelajari, atau bahkan meniru gaya-gaya lucu gurumu ketika mengajar agar kamu dapat mengingatnya dengan lebih baik!Setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing.
Dengan mengetahui kekuatanmu, kamu dapat meningkatkan prestasi dengan mengarahkan diri untuk mencari cara-cara belajar yang cocok dengan kecenderungan-kecenderungan pada dirimu. Jika kamu mau belajar mengaktifkan aspek-aspek yang kurang menonjol lainnya (tentu dengan menyisihkan waktu)prestasi kamu bisa berkembang lebih baik lagi!