Google+ Followers

Jumat, 27 November 2009

Mengenal Situasi Sekolah

Orientasi sekolah adalah kegiatan mengenal lebih dalam tentang sekolah. Kita sebagai siswa baru disekolah tentu belum dapat mengenal semua aktifitas yang ada di sekolah . Dengan mengenal sekolah, kita dapat dengan mudah beradaptasi dan secara tepat menentukan sikap dalam berkiprah disekolah.
Sekolah adalah sebuah lembaga mulia tempat menggali dan mengembangkan potensi dan ilmu . Sekolah memikul tanggung jawab mewujudkan tujuan pendidikan nasional , yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan serta mampu mengembangkan kecakapan , kesadaran diri, berfikir dan bernalar.
Untuk mencapai pengembangan potensi itu, kita harus berada pada tempat yang kondusif dalam melakukan aktivitas. Ada ungkapan yang mengatakan “kalau kita tak kenal , maka kita tak akan saying” . apakah kita sudah benar-benar mengenal lingkungan sekolah tempat beraktifitas mengembangkan potensi ? apakah kita sudah mengenal guru-guru yang akan membantu mengembangkan kemampuan ? pelajaran apa saja yang akan kita pelajari di sekolah? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya sehubungan dengan keadaan sekolah?
Supaya anda dapat mengenali semua yang ada disekolah . cobalah anda menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini :

1.Tulislah Nama personil sekolah beserta jabatannya atau bidang stuid yg
diajarkannya !

2.Sebutkan mata pelajaran yang dipelajari di kelas X. XI IPA, XI IPs, XII IPA dan
XII IPS beserta alokasi waktunya !

3.Sebutkan Fasilitas sarana yang ada di sekolah dan jelaskan fungsinya !

4.Buatlah 20 Item tata tertib sekolah yang berlaku, dan uraikan pendapatmu mengenai
pelaksanaannya !

5.Sebutkan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah dan kegiatan apa yang kamu
ikuti!
Bila anda dapat menjawab pertanyaan di atas dengan benar dan baik, maka anda dikategorikan sebagai siswa yang mengenal situasi sekolah.