Google+ Followers

Rabu, 06 Januari 2010

SEBAB-SEBAB KEGAGALAN DALAM MENGIKUTI TES

Berdasarkan hasil pengalaman dan data yang ada bahwa kegagalan dalam mengembangkan karir pendidikan, antara lain disebabkan oleh kegagalan dalam mengikuti tes. Tidak sedikit calon-calon mahasiswa PTN yang gagal diterima di Perguruan Tinggi pilihannya hanya karena kegagalan dalam mengerjakan soal-soal tes masuk perguruan tinggi. Apabila diteliti mereka itu sebenarnya mampu menjawab semua soal tes tersebut, tetapi karena tidak terlatih atau karena kesalahan dalam mengisi jawaban, atau menghitamkan jawaban kompuiter, misalnya, maka ia terpaksa jatuh dalam tes tersebut.Lebih-lebih dewasa ini sistem tes telah mengalami perubahan prosedur, yakni dengan penerapan sistem kompuiter dalam mengoreksi hasil tes masuk perguruan tinggi. bahkan UN/US untuk siswa SMA juga sama. Lebih-lebih lagi untuk calon mahasiswa yang tidak siap tes atau yang prestasi belajarnya ketika di SMA kurang baik, tentu saja akan kalah bersaing dengan calon-calon mahasiswa yang telah siap berkat kebiasaan belajarnya yang efektif ketika di SMA.
Kegagalan mengikuti tes itu sering pula melanda para pelajar SMA, baik ketika mengikuti tes harian, Sumatif, akhir tahun maupun UN/US. Kegagalan itu umumnya di sebabkan oleh ketidaksiapan atau kurang siapnya para siswa akibat cara belajar yang asal-asalan sebelum menghadapi tes dari para gurunya.Kegagalan itu juga disebabkan kurang bersungguh-sungguhnya dalam mengerjakan soal tes yang dihadapinya, seperti tulisan tidak rapi dan tidak jelas, salah menafsirkan soal tes atau sikap tidak teliti dan terburu-buru dalam mengerjakan soal tes.
Secara lebih rinci berikut ini akan digambarkan sebab-sebab kegagalan dalam mengikuti tes dari sebagian besar pelajar kita, antara lain sebagai berikut :
1. Akibat cara belajar yang salah, tidak tuntas, asal-asalan, dan tidak efektif,
baik disekolah maupun di rumah
2. Akibat cara mengerjakan soal tes tidak tenang, tidak teliti dan terburu-buru
3. Akibat salah menafsirkan atau menginterprestasikan isi soal tes, sehingga
jawabannya tidak tepat
4. Akibat ketidaksiapan atau kurang siap dalam menghadapi setiap tes yang diadakan
guru di sekolah.
5. Akibat kurang percaya diri, ragu-ragu dan kebiasaan menyontek ketika mengerjakan
soal tes yang diberikan guru di sekolah.